logo blog
Iklan 728
Selamat Datang Di Blog Gigi dan Mulutku
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Gigi dan Mulutku,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gigi Berlubang Dan Berbagai Macam Penyebabnya

Gigi Berlubang Dan Berbagai Macam Penyebabnya, gigi berlubang merupakan permasalahan yang umum terjadi pada gigi. Bagi penderita gigi berlubang akan merasakan nyeri yang luar biasa, apa lagi kalau lubang pada gigi sudah terlalu dalam dan mengenai syaraf pada gusi maka nyeri yang dirasakan akan menjadi berkali-kali lipat. 

Dari pengalaman orang-orang yang pernah merasakan sakit akibat gigi berlubang, semuanya menyatakan kalau sakit akibat gigi berlubang merupakan hal yang mengerikan. Mulai dari rasa cenat-cenut yang membuat susah tidur, semua hal terasa mengganggu, sampai menangis akibat menahan rasa nyeri pun menjadi hal yang lumrah bagi orang yang mengalami sakit akibat gigi berlubang.

Bagi anda yang tidak ingin merasakan sakitnya akibat gigi berlubang, ada baiknya anda mulai memproteksi diri agar terhindar dari gigi berlubang. Cara terbaik untuk melindungi anda dan keluarga anda dari gigi berlubang adalah dengan terlebih dahulu mengetahui apa penyebab terjadinya gigi berlubang.

Pada awalnya orang-orang mengira gigi berlubang diakibatkan oleh ulat gigi yang bersarang di gigi, hal ini diperkuat dengan terkadang seperti adanya lubang kecil di pipi orang yang mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang, dan mereka menganggap lubang tersebut sebagai jalan masuk dan keluarnya ulat gigi. Namun hal tersebut keliru, sebenarnya gigi berlubang disebabkan oleh gula dan bakteri.

Penyebab Gigi Berlubang adalah Gula dan Bakteri

Willoughby Miller, seorang dokter gigi asal Amerika menyatakan bahwa gigi berlubang sebenarnya disebabkan oleh gula dan bakteri. Peristiwa ini terjadi tahun 1700-an dan membuat mitos gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi terbantahkan. Namun yang namanya masyarakat, terutama bagi yang awam hingga saat ini masih saja ada yang menganggap kalau gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi.

Proses terbentuknya lubang gigi sebenarnya bermula dari gula sisa makanan. Bakteri akan mengubah gula tersebut menjadi asam sehingga area mulut menjadi asam. Asam inilah yang akan menyebabkan lubang kecil pada email gigi. Kita tidak akan merasakan nyeri saat awal terbentuknya lubang kecil ini, namun saat lubang ini mulai membesar dan menjadi celah bagi masuknya sisa makanan barulah kita akan merasakan nyeri, biasanya saat mengunyah makanan.

Jika dibiarkan terus-menerus maka lubang yang terbentuk pada gigi akan semakin membesar dan rasa nyeri yang kita rasakan pun akan semakin bertambah. Apabila tetap didiamkan, lama-kelamaan gigi kita akan habis dan hanya menyisakan akar gigi.

Selain itu pemilihan sikat gigi dan cara menyikat gigi pun bisa menjadi faktor penyebab gigi berlubang. Jika tidak dilakukan dengan benar maka akan berpotensi meninggalkan banyak sisa makanan pada gigi anda sehingga memperbesar peluang terbentuknya lubang pada gigi.

Mulai sekarang perhatikanlah cara menyikat gigi anda dan keluarga anda agar tidak menyisakan sisa makanan pada gigi sehingga memperkecil peluang terbentuknya lubang gigi. Hal ini tentu perlu dilakukan agar anda tidak menyesal nantinya.

Itulah sekilas informasi mengenai gigi berlubang. Semoga artikel tentang "Gigi Berlubang Dan Berbagai Macam Penyebabnya" di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih atas kunjungan anda.

Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page

1 comments:

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.. :)

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. Gigi dan Mulut Ku - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah